Skip to main content

4 (empat) Macam Madu dan Manfaatnya

Pada artikel sebelumya sempat disebutkan bahwa madu tergolong salah satu jenis makanan yang dapat mempercepat kehamilan, sebab beberapa asam organik yang terkandung di dalam madu sangat berperan menyuburkan bagian reproduksi pada wanita.Kali inipun admin akan coba mengetengahkan informasi kesehatan yang mengupas madu secara spesifik ...

4 (empat) Macam Madu dan Manfaatnya - Perlu diketahui saat ini di dunia terdapat lebih dari 300 jenis madu yang varietas-nya dikategorikan berdasarkan sumber bunga saat lebah hinggap di atasnya serta memakan nektar bunga dan serbuk sari.
4 (empat) Macam Madu dan Manfaatnya
4 (empat) Macam Madu dan Manfaatnya
Sejak lama, madu dikenal memiiki banyak manfaat untuk daya tahan tubuh menjaga kesehatan.

Melansir  dari National Honey Board - lembaga yang melakukan program penelitian dan pemasaran yang berhubungan dengan produksi madu di Amerika Serikat, "Ada lebih dari 300 jenis madu, yang masing-masing varietas-nya digolongkan menurut sumber bunga yang didatangi lalu lebah hinggap untuk mengumpulkan madu."

Paling tidak ada 4 (empat) Macam Madu dan Manfaatnya ...
  1. Madu Bunga Liar. Lebah pada madu jenis ini sukanya mengumpulkan nektar dari bunga-bunga liar. Rasa dan komposisi madu hasil dari penyerbukan bunga liar lebih variatif. Sangat bergantung pada aneka macam bunga liar yang tengah mekar. Madu dari bunga liar ini kaya akan nutrisi dan sifat anti mikroba. Menyitat catatan jurnal Archives of Pediatric and Adolescent Medicine pada Desember 2007 -menurut hasil penelitian para pakar ilmu kesehatan di Penn State College of Medicine menyatakan, "Madu bisa membantu meredakan infeksi saluran pernafasan atas dan batuk. Selain itu, dalam madu bunga liar terkandung antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh."
  2. Madu Bunga Kapuk. Lebah yang berada atau diternak di kawasan hutan randu menghasilkan madu ini. Fisik madu randu memiliki ciri berwarna coklat muda sedikit bening serta rasanya manis dengan sedikit asam. Khasiat madu bunga kapuk atu randu mampu meningkatkan daya tahan tubuh, sebagai obat sariawan, meredakan demam yang disertai flu, dan menghilangkan bau mulut.
  3. Madu Karet. Jenis madu ini dihasilkan dari proses penyerbukan dan nektar bunga karet. Meskipun terdapat jenis-jenis bunga yang juga tumbuh di wilayah hutan karet, akan tetapi bunga karet lebih dominan bagi lebah untuk dihinggapi saat proses nektar bunga dan penyerbukan lebah saat memproduksi madu. Terdapat ciri khas dari madu bunga karet, yaitu madu selalu mengkristal seperti gula apabila disimpan dalam jangka waktu lama. Madu karet berkhasiat untuk menyembuhkan hepatitis, mengatasi keputihan, mengobati luka bakar, serta meredakan alergi serta rasa gatal.
  4. Madu Kelengkeng. Madu jenis ini -sudah sejak lama- digunakan untuk kesehatan dan kecantikan. Madu kelengkeng ini diproduksi terbatas, pasalnya hanya memanfaatkan momen saat musim lengkeng tiba saja. Pada 2006 telah diadakan penelitian dari BMC Complementary and Alternative Medicine, dan para ilmuwan menyimpulkan bahwa, "Mengganti gula dengan madu mampu meningkatkan mikroflora dalam usus yang baik untuk kesehatan pencernaan. Di samping kandungan alami madu berupa hidrogen peroksida yang berasal dari enzim lebah bisa dijadikan antibiotik alami untuk luka bakar dan tergores.
Itulah uraian singkat tentang 4 Macam Madu dan Manfaatnya - Sejatinya, banyak sekali jenis serta manfaat dari madu ditinjau dari segi kesehatan dan manfaatnya bagi kecantikan.
Madu bisa membantu meredakan infeksi saluran pernafasan atas dan batuk. Selain itu, dalam madu bunga liar terkandung antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.
Madu bisa membantu meredakan infeksi saluran pernafasan atas dan batuk. Selain itu, dalam madu bunga liar terkandung antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.
Pembaca bisa mencai tahu sendiri aja ya :D

Popular posts from this blog

Memikat Hati Pria dengan Ayat Alquran

Banyak kaum wanita -khususnya yang tengah mencari tambatan hatinya- yang bertanya, bisakah memikat hati pria dengan ayat alquran? Berikut ini doa bagi wanita yang tengah merindukan belahan jiwa yang merupakan petikan ayat alquran atau doa dalam bahasa Arab ... Robbana atina fiddunya hasanah waqina adzabannar   Artinya:  “Wahai Rabb kami berilah kami di dunia kebaikan dan di akhirat kebaikan, dan jauhkanlah kami dari api neraka” Robbana hablana min azwajina wadzurriyyatina qurrota a'yun waj'alna lilmuttaqiina imama Artinya: “Dan orang-orang yang berkata: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” Allohummagninii bihalalika an haroomika bithoo-atika an ma'sshiyatika bifadhlika amman siwaka Artinya: “Ya Allah jadikanlah kami kaya dengan apa yang telah Engkau halalkan dari yang Engkau haramkan, dan dengan ketaatan padaMu dari bermaksiat padaMu

Omar Al Borkan AlGala Terlalu Tampan

Rupanya memiliki wajah tampan tidak bisa bebas di Arab Saudi, pasalnya ada peraturan konservatif yang mengatur batas-batas ketampanan seorang pria dewasa. Seperti yang terjadi pada Omar Al Borkan Gala. Dirinya terpaksa diusir ke luar Arab Saudi karena terlalu tampan. Belum tahu secara pasti kabar dua temannya yang juga memiliki tampan yang berlebihan yang pasti Omar Al Borkan Gala saat ini namanya mencuat dan menjadi bahan perbincangan dimana-mana. Cerita berawal di saat Omar Al Borkan Gala mengambil bagian di sebuah festival yang bertajuk, the Jenadrivah Heritage and Culture Festival. Budaya di Uni Emirat Arab. Omar Borkan Al Gala, merupakan seorang penyair, aktor, dan fotografer asal Dubai. Kini, pasca dideportasi - bukannya berhenti menampilkan potret diri, Omar malah semakin menjadi-jadi memajang foto-foto terbarunya di Facebook miliknya (www.facebook.com/OmarBorkanAlgala).Salah satu tulisan puitis yang ditulisnya adalah sebagai berikut. "Kecantikan seorang wanita ha

Kisah Pencipta Tongsis: Babab Dito

Siapa sih Babab Dito? Babab Dito adalah pemegang hak paten Tongkat Narsis atau yang kita kenal dengan akronim Tongsis®. Melansir pemberitaan JPNN disebutkan, penemuan kreatif Tongsis® merupakan karya asli Anindito Respati Giyardani biasa dipanggil Babab Dito. Di portal about me, Babab Dito memaparkan bahwa dirinya pemegang merek Tongsis. (Lihat: di sini ) Kisah Pencipta Tongsis: Babab Dito Bagi para pencinta foto narsis, tentunya sudah tidak asing lagi dengan Tongsis. Tongsis merupakan singkatan dari Tongkat Narsis yang digunakan pengguna untuk foto selfie di era kemajuan teknologi saat ini. Dengan Tongsis, pengguna dapat melakukan foto selfie dari jarak jauh sehingga memudahkan pengguna untuk melakukan selfie. Tongsis pun menjadi populer dengan sangat cepat dan diproduksi beberapa negara. Tapi tidak semua orang tahu bahwa inovasi Tongsis merupakan karya asli anak bangsa. Anindito Respati Giyardani biasa dipanggil Babab ini merupakan inovator lokal yang mencipatkan Tongsis t